Kumpulan Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Tata Surya)

Makalah Zafran | Kumpulan Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Tata Surya) - Hais Sobat Pena bagaiamana dengan pelajaran hari ini yang pastinya berjalan dengan lancar yach. Sebelumnya Kak Fran mengucapkan terima kasih karena sobat pena semua sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blognya Kak Fran ini yakni di blog yang mengulas tentang ilmu pengetahuan yang mengenai tugas-tugas sekolah. Seperti Makalah, Cerpen, Kliping ataupun mengenai Laporan PKL atau Prakerin.

Kumpulan Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Tata Surya)
Makalah Tentang Tata Surya - Makalah Zafran


Untuk pertemuan kita kali ini Kak Fran akan berbagi salah satu Makalah Pendidikan yang merupakan salah satu pelajaran IPA yakni Makalah Tentang Tata Surya. Didalam makalah ini terdapat pengertian Tata Surya, Jenis-jenis dan Nama-nama Planet dan Jenis-Jenis Gerhana Matahari beserta keterangannya. Semoga saja Makalah IPA yang kami bagikan kali ini dapat membantu sobat pena semua dalam menuntaskan Tugas Sekolah yang mungkin saat ini lagi kamu kerjakan.


Download Makalah IPA (Makalah Tentang Tata Surya - Doc)


Makalah Tentang Tata Surya yang kami bagikan ini dalam bentuk format Doc atau Microsoft Word 2007. Hal ini bertujuan agar sobat Pena semua dapat mengedit ulang makalah ini dengan mudah. 

Dibawah ini kami sudah menampilkan sekilas isi dari Makalah Tata Surya ini sebagi refrensi buat sobat pena semua. Jika menurut sobat pena Makalah IPA yang kami bagikan kali ini dapat menjadi refrensi kamu, kamu bisa download Softcopy makalah ini dengan cara mengklik link download makalah yang ada dibawah ini.


Sekilas Isi Makalah Tentang Tata Surya dan Nama-nama Planet



BAB II

PEMBAHASAN

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari (bintang), planet-planet, satelit alam, meteor, asteroid, dan komet yang berputar mengelilingi matahari (berevolusi). Matahari menjadi pusat tata surya karena semua benda langit berputar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips. Dalam setiap revolusinya anggota tata surya pada suatu saat berada dekat dengan matahari. Titik terdekat dengan matahari disebet perihelium dan titik terjauh disebut aphelium. Semua benda langit dalam sistem tata surya berputar mengelilingi matahari karena matahari memiliki gaya gravitasi paling besar.

Sebelum di jelaskan lebih luas tentang planet-planet di tata surya ini, untuk sedikit menambah wawasan kita, kita lihat dulu klasifikasi planet-planet tersebut berdasarkan beberapa kriterianya.

Nah inilah klasifikasinya

Planet-planet yang ada di tata surya dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain sebagai berikut:

A. Berdasarkan Massanya, planet dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu Sebagai berikut :

· Planet Bermassa Besar (Superior Planet), terdiri dari: Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

· Planet Bermassa Kecil (Inferior Planet), terdiri dari: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars

B. Berdasarkan Jaraknya ke Matahari, planet dapat dibedakan atas dua macam planet, yaitu sebagai berikut:

· Planet Dalam (Interior Planet)
Planet Dalam yaitu Planet-Planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih pendek daripada jarak rata-rata Planet Bumi ke Matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk Planet Dalam adalah Planet Merkurius dan Venus. Planet Merkurius dan Venus mempunyai kecepatan beredar mengelilingi Matahari berbeda-beda, sehingga letak atau kedudukan planet tersebut bila dilihat dari Bumi akan berubah-ubah pula.

Sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari dengan suatu Planet disebut Elongasi. Besarnya sudut Elongasi yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari-Merkurius yaitu antara 0 -28 derajat, sedangkan sudut Elongasi Bumi-matahari-Venus adalah 0 - 50 derajat.

· Planet Luar (Eksterior Planet)
Planet Luar yaitu Planet-Planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih panjang daripada jarak rata-rata Planet Bumi ke Matahari. Termasuk ke dalam kelompok Planet Luar adalah Planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dilihat dari Bumi, sudut Elongasi kelompok Planet Luar berkisar antara 0 -180 derajat. Bila Elongasi salah satu Planet mencapai 180 derajat hal ini berarti Planet tersebut sedang berada dalam kedudukan oposisi, yaitu kedudukan suatu Planet berlawanan arah dengan posisi Matahari dilihat dari Bumi. Pada saat oposisi, berarti Planet tersebut berada pada jarak paling dekat dengan Bumi.

Bila Elongasi salah satu Planet mencapai 00 berarti Planet tersebut mencapai kedudukan konjungsi, yaitu suatu kedudukan Planet yang berada dalam posisi searah dengan Matahari dilihat dari Bumi. Pada saat konjungsi, berarti Planet tersebut berada pada jarak paling jauh dengan Bumi.

Itulah Sekilas Isi Makalah Tentang Tata Surya yang kami bagikan kali ini. Untuk mengunduh Softcopy Makalah ini kamu bisa klik icon download dibawah ini.



Nach Sobat Pena Buat Kamu yang suka atau hobby dengan musik atau lagu-lagu terbaru dan terpopuler kamu bisa berkunjung di website kami Musik Zafran atau Mantablagu.com. Website yang membagikan info lagu mp3 terbaru dan terpopuler serta lirik lagu dan biodata artisnya penyanyinya.

Related Posts

Kumpulan Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Tata Surya)
4/ 5
Oleh