Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia)

Makalah Zafran | Download Kumpulan Makalah Pendidikan - Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia dan Penjelasannya - Hai Sobat Pena apa kabarnya hari ini kami harap kamu semua dalam keadaan baik-baik saja. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih buat sobat pena yang sudah menyempatkan diri berkunjung di laman kami yakni Makalah Zafran ini. Dimana kami disini bertujuan untuk saling berbagi ilmu pengetahuan yang meliputi segala macam tugas sekolah. Seperti Pembuatan Makalah, Pembuatan Kliping, Cerpen atau Pembuatan Laporan Prakerin.

Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia)


Untuk kali ini Kak Fran akan berbagi ilmu pengetahuan yang membahas tentang Organ Tubuh Manusia. Disini kak fran gak perlu panjang lebar karena kamu bisa langsung unduh file word pembahasan tentang organ tubuh manusia. Karena semua itu sudah Kak Fran rangkum kedalam Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia dan Penjelasannya yang dapat kamu download secara free.

Dalam Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia ini terdapat pembahasan yang beragam. Seperti Pengertian Organ Tubuh Manusia, Jenis Jenis Organ Tubuh, Fungsi Organ Tubuh dan lain sebagainya. Nach untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung baca Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia ini dengan cara mengunduh file wordnya dibawah ini.


Download Makalah Pendidikan - Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia dan Fungsi Organ Tubuh Manusia


Oke Sobat Pena buat kamu yang juga lagi mencari contoh Laporan Prakerin Kak Fran juga sudah bagikan file softcopy nya dalam bentuk Microsoft Word. Juga Kak Fran sudah membagikan beberapa kliping yang membahas tentang berbagai macam wacana seperti Kliping Tentang Bank atau Kliping Tentang Ragam Hias Nusantara. Untuk untuk gambaran kamu bisa lihat sekilias isi dari Makalah Pendidikan Tentang Organ Tubuh yang kami bagikan dibawah ini.

Laman Download Lagu Mp3 Gratis



Sekilas Isi Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia - Makalah Pendidikan


Oke Sobat dibawah ini terdapat sekilas isi Makalah yang Kak Fran bagikan kali ini. Setelah itu kamu bisa mendownload File lengkapnya dalam bentuk word dengan mengklik link download yang ada dibawah artikel ini.

Makalah Zafran - Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia

BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Organ Tubuh adalah sekumpulan jaringan berbeda yang bergabung menjadi satu membentuk suatu alat tubuh.Tubuh manusia tersusun atas sistem organ. Setiap organ merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam tubuh manusia. Menurut Brum, et al (1994: 455-457), manusia memiliki sembilan sistem organ.

1. Sistem Rangka (Skeleton)

Sistem rangka adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. Terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota badan atas dan bawah.

Tulang-tulang dalam tubuh membentuk sistem rangka. Kemudian sistem rangka ini bersama-sama menyusun kerangka tubuh. Sistem rangka membentuk dasar dari tubuh manusia. Semua organ-organ, daging, darah, otot, cair dan udara semua terkandung dalam tubuh dan memiliki kestabilan dan kekuatan tertentu karena tulang. The 206 tulang dalam tubuh membentuk sistem rangka. Tulang-tulang ini didukung oleh sumsum tulang, yang dihasilkan oleh bentuk energi paling murni di dalam tubuh.

Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Sistem rangka umumnya dibagi menjadi tiga tipe: eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik), walaupun sistem rangka hidrostatik dapat pula dikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak adanya struktur penunjang.

Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen, tendon, otot, dan organ lainnya.

Secara garis besar, rangka (skeleton) manusia dibagi menjadi dua, yaitu rangka aksial (tumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).


Rangka Aksial
Rangka aksral terdiri dari tulang belakang (vertebra), tulang tengkorak, dan tulang rusuk.

1) Tengkorak
Tengkorak berfungsi melindungi otak. Hubungan tulang yang terdapat pada tempurung kepala bersifat suture, yaitu tidak dapat digerakkan.

2) Tulang Belakang
Pada tulang belakang terjadi pelengkungan – pelengkungan yang berfungsi untuk menyangga berat dan memungkinkan manusia melakukan berbagai jenis posisi dan gerakar misalnya berdiri, duduk, atau berlari.

3) Hioid
Hioid merupakan tulang yang berbentuk huruf U, terdapat di antara laring dan mandibula.
Hioid berfungsi sebagai tempat pelekatan beberapa otot mulut dan lidah.

4) Tulang dada dan tulang rusuk
Tulang dada dan tulang rusuk bersamaan membentuk perisai pelindung bagi organ – organ penting yang terdapat di dada, yaitu paru – paru dan jantung. Tulang rusuk juga berhubungan dengan tulang belakang.

Rangka Apendikuler
Rangka apendikuler terdiri atas pinggul, bahu, telapak tangan, tulang-tulang lengan, tungkai, dan telapak kaki. Secara umum rangka apendikuler menyusun alat gerak, yaitu tangan dan kaki yang dibedakan atas rangka bagian atas dan rangka bagian bawah.

Tulang rangka apendikuler bagian atas terdiri atas beberapa tulang sebagai berikut:

1) Tulang Selangka
Tulang selangka atau tulang leher membentuk bagian depan bahu.

2) Tulang Belikat
Tulang belikat terdapat di atas sendi bahu dan merupakan bagian pembentuk bahu.

3) Tulang Pangkal Lengan, Pengumpil, Hasta
Tulang pangkal lengan bersama dengan tulang pengumpil dan tulang hasta menyusun alat gerak, yaitu tangan.

4) Tangan
Tulang tangan tersusun atas tulang-tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan jari tangan. Tangan disusun oleh karpal skafoid, lunate, triquetrum, pisiform, trapesium, trapesoid, kapitatum, hamate. Telapak tangan (metakarpal) terdiri dari bagian dasar, batang, dan kepala. Jari tangan terdiri dari tiga ruas, kecuali ibu jari yang mempunyai dua ruas.

5) Kaki
Tulang apendikuler bagian bawah terdiri atas beberapa tulang yang menyusun kaki (alat gerak bagian bawah).

Kaki terdiri atas tulang kaki dan telapak kaki. Tulang kaki disusun oleh tulang paha , tempurung lutut, tulang kering dan tulang betis. Pergelangan kaki disusun oleh tulang tumit, kalkaneus, talus, kuboid, navikular, kuneiformis, dan jari – jari.


Kerangka manusia tersusun dari tulang-tulang, baik tulang yang panjang maupun tulang pendek. Lalu, apa fungsi kerangka bagi manusia ? Fungsinya diantaranya adalah :

* Untuk memberikan bentuk keseluruhan bagi tubuh
* Menjaga agar organ tubuh tetap berada di tempatnya
* Melindungi organ-organ tubuh seperti otak, jantung, dan paru-paru
* Untuk bergerak ketika dikehendaki otot
* Menghasilkan sel darah di dalam sumsum tulang.


Jenis-jenis tulang
Tulang dikelompokkan menurut bentuknya menjadi :
* Tulang pipa
Contohnya tulang paha

* Tulang pendek
Contohnya tulang pergelangan

* Tulang pipih
Contohnya tulang bahu

* Tulang tak beraturan
Contohnya tulang rahang


Susunan tulang pipa
1. Epiphysis (kepala)
2. Metaphysis (batang)
3. Periosteum: lapisan tipis
4. Tulang yang keras dan pekat
5. Bagian yang lembut seperti spon
6. Rongga sumsum
7. Cartilage (tulang rawan)


2. Sistem Otot
Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak, menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka.jaringan otot adalah sekumpulan sel-sel otot. Untuk menggerakkan anggota tubuh kita, diperlukan sistem otot. Sistem otot terdiri dari beberapa bagian yang saling terpisah yang disebut otot-otot. Sebagian besar otot kita melekat pada kerangka tubuh. Otot dapat mengerut dan dapat juga menegang. Oleh karena itu, susunan otot adalah suatu sistem alat untuk menguasai gerak aktif dan posisi tubuh kita. Pada setiap otot terlihat beberapa empal yang merupakan bagian yang aktif mengerut.

Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang, kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu :
1. kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek
2. Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi
3. Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi

Menurut letaknya, otot dibedakan menjadi otot-otot batang badan, otot-otot anggota gerak dan otot-otot kepala. Otot-otot batang badan terdiri dari otot-otot perut, otot-otot punggung, otot-otot dada dan otot-otot leher. Otot punggung tidak terlihat dari permukaan tubuh. Otot punggung berfungsi untuk gerak-gerik tulang belakang. Otot perut terentang antara gelang panggul dan rangka dada. Otot-otot tersebut dapat memendek secara aktif.


Oke Sobat Pena itulah sekilas isi dari Makalah Tentang Organ Tubuh yang kali ini kami bagikan buat kamu. Untuk download file softcopy nya kamu bisa klik link downloadn berikut :


Atau 


Buat Kamu yang suka denga Kumpulan Lagu Katrina Kaif yang merupakan Koleksi Lagu Bollywood kamu bisa mengunjungi Laman kami di www.mantablagu.com atau dapat juga mengunjungi laman kami di Musik Zafran. Disini terdapat Koleksi Lagu Mp3 Terpopuler dan Kumpulan Lagu Mp3 Terfavorit buat kamu.

Related Posts

Makalah Pendidikan (Makalah Tentang Organ Tubuh Manusia)
4/ 5
Oleh