Kliping Tentang Bank

Hai Teman-teman semua kali ini kami mau membagikan sedikit wawasan tentang Bank serta alat-alat yang mempermudah dalam urusan bank namun untuk kali ini ini kita membahas hanya beberapa bagian yang menyakut tetang Card Bank, ATM, Visa Card, Slip Deposit, dll. Semoga saja artikel kali ini dapat membantu teman-teman dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya bagi kami dan bagi pemkbaca umumnya. 

 1. Bank Card
Sebuah kartu bank biasanya kartu plastik yang dikeluarkan oleh Bank kepada klien yang melakukan salah satu atau lebih dari jumlah layanan yang berhubungan dengan memberikan akses klien untuk dana, baik dari klien sendiri rekening bank , atau melalui rekening kredit . Hal ini juga dapat menjadi kartu pintar .Secara fisik, kartu bank biasanya akan memiliki nama klien, nama emiten, dan nomor kartu unik yang tercetak di atasnya. Ini akan memiliki magnetic strip di belakang memungkinkan berbagai mesin untuk membaca dan mengakses informasi. Tergantung pada bank penerbit dan preferensi klien, ini memungkinkan kartu yang akan digunakan sebagai kartu ATM , memungkinkan transaksi di anjungan tunai mandiri; atau sebagai kartu debit , terkait dengan rekening bank klien dan dapat digunakan untuk melakukan pembelian pada titik penjualan ; atau sebagai kartu kredit yang melekat pada batas kredit revolving yang disediakan oleh bank.
Contoh Card Bank :
Card Bank

Card Bank

Kartu bank pertama yang kartu ATM yang dikeluarkan oleh Barclays di London , pada tahun 1967, dan oleh Bank Chemical di Long Island , New York , pada tahun 1969.Pada tahun 1972, Lloyds Bank mengeluarkan kartu bank pertama yang memiliki fitur sebuah informasi-encoding magnetik strip, menggunakan nomor identifikasi pribadi (PIN) untuk keamanan. Secara historis, kartu bank juga telah melayani tujuan dari kartu jaminan cek , sistem sekarang hampir mati untuk menjamin pemeriksaan pada titik penjualan. 

2. ATM Card
ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar tradisional, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

ATM adalah kepanjangan dari Automatic Teller Machine. Secara harfiah: automatic berbicara otomatis, teller adalah petugas perbankan yang berada di lini depan melayani nasabah dalam urusan setor uang (deposit) dan tarik dana (withdraw), sedangkan machine adalah mesin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ATM adalah sebuah mesin yang secara otomatis dapat bekerja menggantikan peran dari teller yang sering kita jumpai di bank. Dengan adanya mesin-mesin ATM seperti ini, kita tidak perlu lagi antri di depan teller setiap membutuhkan jasa perbankan. Cukup datang ke sebuah loket yang menyediakan mesin ATM dan biasanya lokasinya ada di setiap cabang bank itu sendiri atau di tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti lobby hotel, mal, perkantoran, dst. Dapat disimpulkan kartu ATM adalah kartu-kartu yang diterbitkan bank untuk dapat dipergunakan di mesin-mesin ATM yang ada.
Contoh ATM :





3. Visa Card
Visa adalah kartu kredit Internasional yang dimiliki oleh perusahaan kartu Visa International. Pelaksanaan operasionalnya berdasarkan lisensi dari Visa Internasional dengan sistem franchise.
Visa Card termasuk kedalam kategori Kartu Kredit Internasional karena dapat digunakan diberbagai dunia. termasuk juga seperti Visa, Master Card,Dinners Club,Carte Blanc,Americans Express.
Contoh Kartu Visa :
Visa Card

Visa Card

4. Buku Tabungan
Buku Tabungan adalah passbook yaitu buku yang dikeluarkan oleh bank yang mencantumkan jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan di suatu bank yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertulis pada buku dimaksud sehingga tidak dapat diperjual-belikan atau dipindahtangankan; buku tersebut harus diperlihatkan pada setiap penyetoran ataupun penarikan dan pada saat membukukan bunga; buku itu biasa juga disebut sebagai buku bank; di beberapa bank, buku bank sudah tidak digunakan, sebagai pengganti nasabah bank diberikan tembusan bukti transaksi penyetoran. 
Contoh Buku Tabungan :
Buku Tabungan

Buku Tabungan

5. Slip Penyetoran
Slip Setoran adalah deposit ticket; paying in slips yaitu formulir yang ditandatangani nasabah atau penyetor, diisi dengan perincian setorannya menurut jenis, seperti tunai, cek, dan bilyet giro; dokumen ini dapat dijadikan sebagai referensi apabila terdapat perbedaan antara pencatatan bank dan pencatatan nasabah; biasanya, bank memelihara dokumen ini sampai dengan dilakukannya rekonsiliasi bank. 
Contoh Slip Setoran Bank :
Slip Debit

Slip Debit

Slip Debit

6. Slip Penarikan
Penarikan adalah withdrawal yaitu simpanan: penarikan dana dan simpanan yang ada di bank dengan menggunakan cek, wesel, atau slip pengambilan; biasanya, penarikan simpanan (deposito) yang belum jatuh tempo akan dikenakan penalti; agunan: penarikan agunan suatu pinjaman dengan menyediakan agunan baru. 
Contoh Slip penarikan :
Slip Kredit

Slip Kredit

Related Posts

Kliping Tentang Bank
4/ 5
Oleh